Kuliner Legendaris Indonesia – Kerak Telor

Kerak Telor Jakarta

Sejarah Kerak Telor

Sempat menjadi diva makanan elite Betawi pada tahun 1970an, makanan unik yang satu ini pada jaman dahulu adalah hasil coba coba pada jaman Belanda dimana pada jaman dahulu Jakarta yang namanya masih Batavia itu dikelilingi oleh banyak pohon kelapa. Hasil gabungan parutan kelapa, santan, telur dan bumbu dapur lainnya tersebut pada akhirnya menghasilkan sebuah hidangan yang satu ini. Dikarenakan banyaknya tetangga dari sang penemu kerak telur yang menyukai hidangan ini, maka pada tahun 1970 itulah dimana hidangan kerak telor ini dicoba dijajakan. Dengan perkembangangannya yang sangat pesat, kerak telor menjadi sebuah kuliner yang di gemari oleh banyak orang, akan tetapi pada tahun 90an kerak telor hanya dihadirkan untuk acara acara dan hari raya besar saja, sehingga penyebarannya kurang maksimal, hingga saat ini kerak telur sudah menjadi sebuah cagar budaya yang harus dilindungi sehingga kita dapat dengan mudah menemukan para penjual dari kerak telur ini dimanapun kalian berada.

Kerak Telor Lezat

Proses Pembuatan Kerak Telor

Pembuatan kerak telur ini terbilang sangatlah unik. Terdiri atas bahan nasi, ketan aron, telur ayam, telur bebek, kelapa serut dan santan, tentunya akan menjadikan makanan yang satu ini sangat sedap untuk disantap. Makanan yang satu ini dimasak menggunakan cara yang pastinya tidak akan ditemukan dibenua lainnya. Cara memasak dari kerak telor ini adalah :

  1. Taruh nasi dan ketan aron pada tungku, tekan tekan
  2. Masukkan 2 butir telur ayam atau bebek yang telah dikocok bersama dengan bumbu
  3. Masukan santan
  4. Berikan parutan kelapa yang sudah disangrai sebelumnya
  5. Ketika sudah setengah matang, maka kalian bisa membalik tungu atau wajan yang kalian gunakan
  6. Kerak telur akan dinilai sudah matang jika sudah berwarna rada kecoklatan.

Dengan menggunakan cara memasak yang unik tersebut, tidak jarang jika kerak telor digemari oleh banyak orang. Selain memberikan hiburan dengan cara memasaknya yang unik, kerak telor dinilai sebagai salah satu hidangan unik yang cukup lezat. Untuk kerak telor sendiri kalian bisa temukan pada acara acara event besar, selain itu pada daerah monas dan pekan raya Jakarta jika kalian berkunjung ke Jakarta.

Hidangan yang satu ini memang tidak tersebar secara luas, akan tetapi karena menjadi salah satu makanan ikonik budaya Betawi, maka dari itu makanan khas yang satu ini harus kita lindungi dan tidak boleh dilupakan demi anak cucu. Dengan cara memasak yang telah kami berikan diatas dalam memasak kerak telor, tentunya akan sangat mudah bagi kalian untuk membuatnya sendiri dirumah, akan tetapi yang perlu kalian perhatikan disini, adalah tungku yang digunakan untuk memasakanya harus menggunakan tungku tanah liat seperti yang digunakan oleh para penjual, hal tersebut dikarenakan agar ketika kalian memasak dengan metode dibalik telur tidak terjatuh. Selain itu ketan aron juga harus diperhatikan dalam pembuatannya, hal itu dikarenakan jika tidak diperhatikan, maka kerak telor akan memiliki rasa seperti beras yang belum matang, maka dari itu kalian harus merendam ketan aron tersebut didalam air semalaman sehingga ketan aron akan lebih mudah untuk diproses karena akan menjadi lebih empuk yang membuatnya bisa disantap dengan komposisi bumbu lainnya. Nah, bagi kalian yang ingin menyantap hidangan yang satu ini, akan sangat disarankan jika kalian berkunjung ke Jakarta.